Cara Mudah Menyusun Naskah Visi dan Misi bagi Calon Kepala Desa
Home » Cara Mudah Menyusun Naskah Visi dan Misi bagi Calon Kepala Desa

Cara Mudah Menyusun Naskah Visi dan Misi bagi Calon Kepala Desa

Bagikan bila bermanfaat

DJOURNAL.ID – Kita tentunya sering mendengar dan menggunakan istilah visi dan misi, baik saat masih disekolah atau di kampus dulu, atau sedang melihat suatu kegiatan kampanye oleh partai yang sedang ber-orasi dipanggungnya.

Biasanya visi dan misi ini disampaikan untuk mengambarkan rencana yang akan menjadi tujuan sebuah instasi maupun kepentingan seseorang ke depannya baik itu mengenai target-target jangka pendek maupun untuk target jangka panjang.

Namun taukah kita apa yang membedakan antara visi dan misi itu? Sering kali kita keliru dan susah memberikan perbedaan visi dan misi jika ada yang bertanya kepada kita. Terkadang juga masih kebingungan dan belum mengerti secara benar apa arti dan maknanya.

Secara logika memang tidak mudah dalam menentukan perbedaan visi dan misi, apalagi bagi kita yang belum paham perbedaan makna kata perkatanya. Susah memang, namun pada dasarnya visi dan misi merupakan sesuatu yang berbeda namun masih berada dalam satu kesatuan.

Perbedaan visi dan misi yang pertama yaitu menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) visi bermakna kepada penglihatan; pengamatan, kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan, kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan atau wawasan ke depan.

Secara umum visi itu merupakan serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah keinginan sekelompok orang atau secara pribadi dengan pandangan yang jauh ke masa depan demi mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.

Pada dasarnya visi dijadikan sebagai panutan gambaran akan situasi dan karakteristik mengenai arah kemana tujuan perjalanan selanjutnya. Sehingga dengan adanya visi bisa menjadi alarm untuk selalu mampu eksis, antisipatif dan inovatif.

Visi itu dapat berubah dan berkembang sesuai pengaruh dan perkembangan zaman yang tidak bisa diprediksi kedepannya. Oleh karena itu visi sering kali tidak ditulis secara detail, namun digambarkan menerangkan detail gambaran sistem yang menjadi tujuannya. Oleh karena itu ada beberapa syarat sebuah kata atau kalimat bisa dikatakan memenuhi kriteria visi yaitu tidak dibuat berdasarkan kondisi pada saat ini, berorientasi ke depan dan mengekspresikan kreativitas dan berdasarkan pada prinsip nilai-nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.

Sedangkan Misi, lebih fokus ke bagaimana langkah-langkah demi mencapai visi yang sudah ditentukan. What be believe we can do, apa yang kita yakini itu yang kita lakukan. Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha mewujudkan suatu visi yang telah dibuat.

Misi itu ibarat langkah-langkah kecil yang dibagi untuk mempermudah serta bentuk usaha nyata dalam memberikan arah sekaligus batasan-batasan proses pencapaian tujuan. Dengan kata lain, arti misi adalah prioritas, metode, atau nilai-nilai kerja yang menjadi landasan untuk memberi petunjuk garis besar dalam mewujudkan sebuah visi.

Walaupun perbedaan visi dan misi cukup membuat kita bingung, namun visi dan misi merupakan suatu kesatuan yang harus seiring sejalan.

Sehingga dapat ditarik pengertian bahwa misi adalah pernyataan yang menetapkan tujuan dan sasaran, apa, mengapa dan bagaimana demi merangsang adanya pencapaian visi utama.

Dengan demikian, dapat disimpulkan perbedaan visi dan misi adalah bayangan dan cara kita melihat gambaran suatu tujuan pada masa depan, sedangkan misi adalah cara dan langkah langkah yang bisa kita lakukan saat ini juga demi mewujudkan visi yang sudah kita rencanakan.

Penulis: Nurmat Djou

 1,319 total views,  10 views today

Bagikan bila bermanfaat
Written by
Nurmat Djou
Join the discussion

1 comment

Satu lawan terlalu banyak, Seribu kawan terlalu sedikit