Download Contoh Buku Kas Harian Bumdes
Home » Download Contoh Buku Kas Harian Bumdes

Download Contoh Buku Kas Harian Bumdes

Bagikan bila bermanfaat

Djournal.ID – Buku Kas adalah Buku yang digunakan untuk membantu merekam atau mencatat transaksi kas harian dalam bentuk uang tunai. Transaksi kas dimaksud terbagi atas transaksi Kas Masuk dan transaksi Kas Keluar.

Buku kas juga merupakan kumpulan transaksi tunai atau cash yang memuat secara detail, catatan penerimaan/uang masuk dan catatan pengeluaran/uang keluar.

Dalam hal pencatatan transaksi Keuangan Bumdes, tidak dikenal yang namanya Buku Kas Umum. yang ada adalah Buku Kas. Selain untuk menampilkan detail transaksi, Buku Kas juga dapat digunakan sebagai dasar Penyusunan Jurnal.

Seluruh transaksi yang terdapat pada Buku Kas akan di konversi kedalam Jurnal. Dikonversi artinya di uraikan, dipisahkan atau dikelompokkan berdasarkan jenis akun masing-masing. Lebih tepatnya kita bisa menyebutnya sebagai Proses penjurnalan.

Proses penjurnalan harus dilaksanakan agar setiap transaksi yang terdapat pada Buku Kas bisa di proses ke dalam siklus akuntansi. Sehingga bisa melahirkan laporan keuangan yang baik dan memadai.

1. Buku Kas Penerimaan

Buku Kas Penerimaan adalah Buku Kas khusus untuk mencatat seluruh transaksi penerimaan secara tunai/cash. Buku Kas Penerimaan minimal memuat kolom: 1) Tanggal, 2) Keterangan, 3) Nomor Urut Bukti  dan, 4) Jumlah Uang Masuk. Berikut Contohnya:

2. Buku Kas Pengeluaran

Buku Kas Pengeluaran adalah Buku Kas khusus untuk mencatat seluruh transaksi pengeluaran secara tunai/cash. Buku Kas Pengeluaran minimal memuat kolom: 1) Tanggal, 2) Keterangan, 3) Nomor Urut Bukti  dan, 4) Jumlah Uang Keluar. Berikut Contohnya:

3. Buku Kas (Penerimaan dan Pengeluaran dalam 1 Halaman)

Buku Kas yang memuat Penerimaan dan Pengeluaran bisa disebut dengan Buku Kas Folio, atau Buku Kas Satu Halaman. Buku Kas bentuk Satu Halaman ini biasanya digunakan oleh Unit Usaha skala kecil atau Unit Usaha yang transaksi hariannya tidak terlalu padat. Dalam Buku Kas Folio minimal memuat kolom: 1) Tanggal, 2) Keterangan, 3) Nomor Urut Bukti, 4) Kolom Penerimaan, dan 5) Kolom Pengeluaran. Berikut Contohnya:

atau bisa juga seperti contoh dibawah ini:

Sebenarnya masih ada lagi bentuk Buku Kas yang lainnya. Yaitu Buku Kas Bentuk Tabelaris atau bisa juga disebut sebagai Buku Kas Berlajur-lajur. Buku Kas Berlajur modelnya hampir sama dengan Buku Kas Folio. Bisa dibilang Buku Kas Ini adalah pengembangan dari Buku Kas Folio. Dimana disebelah Kiri disebut Halaman Debet dan Sebelah kanan disebut halaman Kredit. Dalam Kolom Debet dan Kolom Kredit biasanya memuat kolom-kolom akun yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, Demikian penjelasan Seputar Buku Kas dan Contoh-contohnya. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan di Bumdes Masing-masing atau unit usaha lainnya selain Bumdes. Silahkan Download Contoh Buku Kas pada link dibawah ini. Jangan lupa meninggalkan komentar anda pada kolom komentar dibawah ini.

 3,341 total views,  20 views today

Bagikan bila bermanfaat
Written by
Nurmat Djou
Join the discussion

8 comments

Satu lawan terlalu banyak, Seribu kawan terlalu sedikit