Siap-siap Mulai Agustus 2021, Kepala Desa dan Perangkat Desa Dapat Afirmasi Kuliah S1 dan S2
Home » Siap-siap Mulai Agustus 2021, Kepala Desa dan Perangkat Desa Dapat Afirmasi Kuliah S1 dan S2

Siap-siap Mulai Agustus 2021, Kepala Desa dan Perangkat Desa Dapat Afirmasi Kuliah S1 dan S2

Bagikan bila bermanfaat

DJOURNAL.ID – Kepala Desa dan Perangkat Desa di seluruh tanah air, akan mendapatkan afirmasi pendidikan perguruan tinggi. Hal ini ditandai dengan penandatangana MoU antara 3 (tiga) kementerian, yaitu kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gus Halim, Menteri Desa mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Kepala Desa dan perangkat Desa.

“Langkah konkrit untuk memperkuat SDM desa adalah bagaimana perguruan tinggi mengafirmasi para penggiat desa, mulai dari kepala desa, perangkat desa hingga pendamping desa yang berprestasi,” ujar Abdul Halim dalam Penandatanganan Kesepahaman Bersama dan Pengukuhan Pengurus Forum PERTIDES secara daring, Rabu (10/2/2021).

Menurut Gus menteri, kepala desa dan perangkat bisa menempuh perguruan tinggi dengan adanya konversi atas kinerja dan prestasi.

Perguruan tinggi akan mengafirmasi prestasi kepala desa sebagai pengganti mata kuliah yang relevan. Gelar sarjana juga akan sesuai program studi yang disediakan forum perguruan tinggi.

“Tokoh desa nantinya bisa memahami dasar akademis dari kebijakan pelaksanaan pemerintahan, implementasi pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat dan bisnis Bumdes,” ucap Halim

“Mudah-mudahan Pak Mendagri, pada Agustus nanti, kemarin rumusannya sudah dibentuk tim untuk menyusun kurikulum, silabus dan termasuk prodi di bawah komando Rektor UGM yang kebetulan sebagai ketua Pertides dengan beberapa Rektor,” pungkas Abdul Halim.

Selain menandatangani MoU, Abdul Halim juga mengukuhkan pengurus Forum Pertides periode 2021-2024. Pengukuhan forum Pertides tersebut diatur dalam Keputusan Menteri Desa PDTT RI nomor 12 tahun 2021 tentang pembentukan forum Perguruan Tinggi untuk Desa.

 1,520 total views,  4 views today

Bagikan bila bermanfaat
Written by
Nurmat Djou
Join the discussion

Satu lawan terlalu banyak, Seribu kawan terlalu sedikit