Sukses Laksanakan Rapat Tahunan, Surplus UPK Cingambul Melampaui Target
Home » Sukses Laksanakan Rapat Tahunan, Surplus UPK Cingambul Melampaui Target

Sukses Laksanakan Rapat Tahunan, Surplus UPK Cingambul Melampaui Target

Bagikan bila bermanfaat

Djournal.ID – UPK atau Unit Pengelola Kegiatan yang saat ini telah bertransformasi menjadi UPK DAPM (Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat) adalah salah satu lembaga yang memiliki fungsi untuk mengelola kegiatan dan keuangan yang bersumber dari Dana Bergulir SPP/UEP Ex Program PPK, PNPM Mandiri dan PNPM Integrasi.

Foto 1: Penyaluran Bantuan Sosial dari Surplus Tahun 2018

Tercatat ada lebih dari 3.900 UPK diseluruh Indonesia yang tumbuh dan berkembang menjadi Lembaga Keuangan Khususnya dalam mengelola Dana Bergulir SPP/UEP. Salah satunya adalah UPK Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Diawal tahun 2017, Kelembagaan UPK Cingambul resmi  berbadan hukum dalam bentuk PBH (Perkumpulan Berbadan Hukum) dengan Nomor Akta. AHU-0001015.AH.01.07 Tahun 2017 dengan legalitas yang terdaftar di Kementrian Hukum dan Ham RI. Sejak saat itu pula, Kelembagaan BKAD Kecamatan Cingambul berubah nama menjadi DPP-DAPM (Dewan Pengurus Perkumpulan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat) dan UPKnya berubah menjadi UPK-DAPM.

Di Awal tahun 2020, UPK DAPM Cingambul menggelar Rapat Tahunan untuk Tahun Buku 2019. Laporan Tahunan ini adalah salah satu amanat dari AD/ART DPP UPK DAPM Cingambul yang juga merupakan bentuk Pertanggungjawaban Keuangan serta Pelaksanaan Tugas oleh UPK DAPM selama kurun waktu satu tahun.

Ajat Sudrajat, SE (Kepala Unit) Saat Menyampaikan Laporan

Adalah Ajat Sudrajat, SE Kepala Unit UPK DAPM Cingambul, dalam laporannya telah menyampaikan Laporan perkembangan UPK DAPM dalam pengelolaan keuangan, pinjaman dan kelembagaan serta pelaksanaan kegiatan dalam periode satu tahun berjalan kepada DPP DAPM. Selanjutnya di ikuti dengan Penyampaian Rencana Kegiatan dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya untuk tahun 2020.

UPK DAPM Cingambul merupakan UPK Terbaik se-Kabupaten Majalengka dan UPK Terbaik Ketiga Se-Provinsi Jawa Barat. Lebih dari 3,8 Milyar Aset Produkti yang saat ini dikelola oleh UPK DAPM Cingambul dengan rata-rata pendapatan di atas 70jt setiap bulannya.

Selama kurun waktu satu tahun yakni tahun 2019, UPK DAPM Cingambul memperoleh surplus di atas 600jt. Nilai surplus yang diperoleh ini sangat memuaskan karena melampai target yang telah ditentukan pada tahun sebelumnya.

Selanjutnya, Surplus yang diperoleh dialokasikan untuk Bantuan Sosial RTM, Pengembangan Kelembagaan dan dan Penambahan Modal UPK. Khusus untuk Dana Bantuan Sosial RTM, dialokasikan untuk bantuan 130 paket sembako, bantuan beasiswa untuk 260 anak sekolah, dan sisanya untuk sumbangan pembangunan tempat ibadah, peningkatan usaha nasabah, guru ngaji dan penyelenggaraan STQ.

Di akhir sesi Rapat Tahunan, UPK Cingambul membagi-bagikan Reword, penghargaan dan bonus dalam bentuk IPTW kepada Nasabah-nasabah (baca: Kelompok SPP/UEP) yang loyal dan memiliki track record lancar tanpa tunggakan atas kredit yang diberikan oleh UPK. Nampak Suasana Rapat Tahunan kali ini cukup berjalan lancar dan dipenuhi dengan suasana yang penuh suka cita. Semua terlihat solid, kompak dan harmonis. (#ndj)

 422 total views,  4 views today

Bagikan bila bermanfaat
Written by
Nurmat Djou
Join the discussion

Satu lawan terlalu banyak, Seribu kawan terlalu sedikit